Kocak, Ternyata Orang Jepang Juga Bingung Pake WC Jongkok

Kocak, Ternyata Orang Jepang Juga Bingung Pake WC Jongkok
Jepangers.com - Kalau sobat pernah jalan-jalan ke Jepang atau sering nonton anime/ drama, pasti tau deh dengan bentukannya WC di Jepang sana.



di Jepang (dan setau ane di Korea) juga ada yang bentukannya kayak gini. sumpah bingung ini jongkoknya harus menghadap ke mana? Ke depan pintu kah? Membelakangi pintu kah?



Nah kan Kalo di Indonesia itu mayoritas bentuk WC jongkoknya ya yang begini:



Akhirnya waktu di dalam WC, googling bentar gimana cara pake toilet di Jepang, sumpah kocak banget karena emang sebingung itu. Daripada salah terus malah jadi berabe, eh ternyata orang Jepang juga masih banyak yang bingung sebenernya itu harus gimana posisinya.

Jadi para pengguna Twitter di Jepang itu lagi memperdebatkan tentang etika jongkok di WC jongkok ala Jepang. Meski sekarang WC jongkok sudah mulai digantikan dengan WC ala-ala barat alias WC duduk, tapi di beberapa tempat kayak di toilet umum taman atau stasiun masih pake wc jongkok.



Kalo menurut @mikaduki_neko, aslinya itu kita harus membelakangi penutup lubang WC, alias menghadap ke pintu toilet, bukan seperti yang diajarkan ke orang-orang Jepang kebanyakan.

Menurut dia juga nih, WC Jepang yang namanya kinkakushi ini asalnya dari kayu gitu dimana para samurai nganterin anak-anaknya ke kolam, jadi celana hakama si samurai itu bisa digantungin ke kayu tanpa kena kotoran. Terus, alasan lainnya adalah lebih deket ke saluran drainase jadi si pup/ pipisnya langsung masuk ke lubang toilet,lebih mudah dibersihkan juga.



Tapi pengguna Twitter lain @snufkin_p membantah dengan foto dari Toto, tau kan? Pembuat toilet terbesar di dunia yang asalnya dari Jepang (dan juga pemilik museum toilet di Kitakyushu). Jadi di foto itu, kita harus menghadap kinkakushi atau posisinya menghadap ke pintu toilet.



Bahkan di poster edukasi anak-anak juga ada penggunaan toilet yang menghadap ke kinkakushi.



Meski banyak orang yang nggak tau gimana cara pake WC jongkok ala Jepang, tapi ternyata ada juga loh yang belum familiar sama bentuk WC duduk. Sampe dibuatkan cara duduk yang benar gini di Kansai Airport.

Baca Juga :

Kalo ane sih tetep ngefans sama WC jongkok kalo di toilet umum, secara nggak bekas didudukin orang lain. Tapi kalo di rumah lebih milih pake WC duduk soalnya biar bisa sambil baca buku dan cari inspirasi.

Kocak bukan terkadang perbedaan budaya membuat kita terheran heran.

Tags:

Anda Menggunakan Adblock

Please disable atau non-aktifkan ekstensi Adblock di browser Anda dan Reload kembali browser anda.