contruction
Cara Download

Berbagai Festival Musim Gugur Di Jepang

Berbagai Festival Musim Gugur Di Jepang
Jepangers.com - Sebagai negara dengan empat musim, Jepang memiliki festival khas yang diadakan di setiap musimnya. Termasuk pada saat musim gugur, terdapat beberapa festival musim gugur di Jepang yang berkaitan dengan alam dan hasil panen serta tentunya sangat menarik untuk disaksikan. Berikut adalah festival musim gugur di Jepang yang menarik.

Festival Tsukimi


Tsukimi atau otsukimi adalah sebuah tradisi unik memandang bulan purnama di Jepang. Menurut Wikipedia, dalam bahasa Indonesia tsukimi berarti 'memandang bulan'. Ini adalah sebuah tradisi kuno yang sudah berlangsung selama berabad-abad di Jepang. Tradisi memandang bulan ini tercatat sejak saman Heian. Biasanya saat tsukimi berlangsung para bangsawan berkumpul, membaca puisi sambil memandang bulan.

Tsukimi memang berkaitan erat dengan bulan, terutama bulan purnama di musim gugur. Festival perayaan bulan purnama ini dianggap sebagai bagian penting dari budaya tradisional Jepang. Perayaan ini biasanya dilakukan pada hari ke-15 dalam bulan kedelapan dan hari ke 13 bulan kesembilan kalender Jepang. Jika dikonversikan ke kalender internasional, tsukimi biasanya jatuh pada bulan September dan Oktober.

Saat tsukimi warga Jepang biasanya memajang dekorasi yang terbuat dari rumput susuki dan menghidangkan kue beras yang disebut tsukimi dango yang disantap sambil menikmati keindahan bulan. Saat pergantian bulan baru yang berlangsung pada bulan kesembilan, biasanya warga mempersembahkan sesaji kepada bulan berupa produk-produk musiman, antara lain ubi jalar dan chestnut.

Uniknya saat tsukimi ini biasanya kedai-kedai di Jepang juga berlomba-lomba menawarkan menu khas tsukimi. Ada tsukimi udon atau tsukimi soba, berupa mi Jepang yang disajikan dengan nori dan telur mentah di atasnya, mirip seperti bulan purnama yang mengambang di langit malam. Beberapa restoran sushi menawarkan sushi yang disajikan dengan gaya tsukimi, dihiasi dengan telur puyuh mentah di atasnya. Ada pula restoran burger yang menyajikan tsukimi burger.

Festival Nagoya

Festival ini merupakan festival terbesar di Nagoya yang diselenggarakan selama dua hari sekitar pertengahan Oktober. Diiringi dengan arakan Mikoshi para pria dan wanita yang berpakaian zaman dahulu serta musik Kagura, festival ini diadakan untuk menghormati tiga pria terkuat di Jepang pada zaman pertengahan, yaitu Oda Nobunaga, Toyotomi Hideyoshi, dan Tokugawa Ieyasu.

Festival Takayama

Festival Takayama dimulai dari akhir abad ke-16 sampai abad ke-17. Merupakan tradisi musiman di Hida yang diselenggarakan setiap tahun di musim semi dan musim gugur dan terhitung sebagai salah satu dari tiga festival terindah di Jepang. Masyarakat Takayama masih mempertahankan festival ini hingga sekarang sehingga kesenian tradisional pun tetap lestari.

Atraksi yang menarik adalah replika kuil yang dikerjakan oleh tangan-tangan terampil di Hida. Tontonan spektakuler berupa kereta yang dihias dengan cantik serta dipasangi boneka Karakuri yang dapat memperagakan gerakan-gerakan menarik. Saat malam tiba, replika kuil dengan lentera menyala perlahan-lahan akan menerangi kota. Keindahan yang sungguh fantastis.

Baca Juga :


Festival Kaname

Pada upacara di festival ini, pendeta Shinto mempersembahkan beras yang baru dipanen kepada para dewa sebagai ucapan syukur atas panen yang baik. Penduduk setempat juga mempersembahkan beras panen pertama di kuil ini, dan menampilkan upacara hatsu ho hiki (contoh beras pertama) untuk rasa terima kasih mereka atas karunia alam.

Festival Tori No Ichi

Tori no Ichi yang merupakan festival tahunan yang diadakan di setiap wilayah pada bulan November. Festival ini merupakan acara turun temurun di mana para penduduk mendoakan hasil panen yg bagus pada musim gugur dengan mempersembahkan Tori ke kuil. Tori no Ichi yang paling populer di Tokyo diselenggarakan di Kuil Chokokuji, terletak sekitar 1 kilometer arah utara dari Kuil Sensoji di Asakusa.

Itulah Berbagai Festival Musim Gugur di Jepang jika sobat jepangers ada rencana liburan musim panas tahun ini dijepang jangan sampai melewatkannya.


Tags: