5 Permainan Tradisional Rakyat Jepang yang Unik

Advertisemen
Jepangers - Jepang memiliki banyak mainan rakyat tradisional yang banyak menghibur anak-anak dari generasi ke generasi. Dalam era modern seperti ini, beberapa mainan tradisional ini masih sangat populer di kalangan generasi muda Jepang khususnya para remaja. Kebanyakan dari mereka memainkannya pada saat tahun baru.

Inilah 5 mainan rakyat tradisional Jepang yang unik dan menarik

1. Hanetsuki


Hanetsuki sama seperti permainan badminton tanpa menggunakan net. Permainan ini menggunakan raket yang disebut hagoita, terbuat dari kayu berbentuk persegi panjang, dan kok yang berwarna-warni. Sering dimainkan oleh anak perempuan di tahun baru. Ada 2 cara untuk bermain Hanetsuki. Pertama, bersaing memukul kok tinggi-tinggi selama mungkin. Kedua, saling memukul kok antara pemain satu dengan lainnya (seperti badminton). Pemain yang gagal memukul akan menerima hukuman, yaitu wajahnya akan dicoret dengan menggunakan tinta emoticon-Big Grin


2. Ohajiki/B-dama


Ohajiki adalah permainan dengan menggunakan kelereng berbentuk pipih ((ohajiki) dengan diameter 1-1.5 cm. Peraturan dasar dari permainan ini adalah kita harus membidik dan menembak ohajiki-ohajiki tersebut. Ohajiki yang berhasil ditembak, boleh diambil sang penembak. Permainan ini lebih sering dimainkan oleh anak perempuan.


3. Daruma Otoshi


Permainan ini menggunakan boneka Daruma yang terdiri dari 5 bagian, biasanya tiap bagian sewarna dengan warna pelangi (biru, merah, kuning, dan hijau). Dimainkan dengan menggunakan palu kecil yang akan memukul tiap bagian, mulai dari bawah ke atas. Selama permainan, selain bagian yang dipukul, bagian lainnya tidak boleh jatuh.

Baca Juga :
Mainan aneh dari JepangHe-Gassen: Festival Perang Kentut di Jepang


4 .Takeuma (Egrang)


Cara bermain Takeuma sama dengan bermain egrang di Indonesia. Pemain berjalan dengan menggunakan 2 buah tongkat panjang yang dipasangkan papan kecil ditiap tongkat sebagai pijakan. Semakin tinggi papan, maka akan semakin sulit untuk menyeimbangkan badan. Hanya saja perbedaanya adalah ketika orang jepang memainkan engrang, mereka memakai kimono atau baju tradisional mereka.


5. Otedama


Otedama biasa dimainkan oleh anak perempuan Jepang. Terdiri dari 5 kantung kecil yang berisi kacang-kacangan. Cara mainnya adalah dengan melempar dan menangkap kantung tersebut. Ada dua formasi dasar dari otedama, yaitu nagedama dan yosedama. Nagedama cara bermainnya adalah dengan melempar dan menangkap, seperti juggling. Yosedama lebih seperti bermain bekel, tetapi dengan menggunakan kantung kecil.

Itulah 5 Permainan Tradisional Rakyat Jepang yang Unik. memnag permainan tradisional sebenarnya lebih bagus karena biasanya melibatkan permainan pikiran dan raga. diindonesiapun banyak permainan rakyat namun mulai hilang ditengah jaman. mudah2 budayawan lebih mengenalkan permainan permainan rakyat dengan cara seperti orang jepang agar lebih menarik.

Advertisemen

Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini.
Disqus Comments