3 Kastil Bersejarah Paling Unik Di Jepang

Advertisemen
Jepangers - Negara Jepang memang selalu memiliki cara dalam menarik minat wisatawan mancanegara untuk datang berkunjung ke negaranya. Salah satunya dengan memperkenalkan daftar tiga besar terbaik hal-hal yang ada di negaranya. Kali ini, kita akan membahas daftar tiga besar kastil di Jepang yang paling terkenal dan bersejarah. Tiga kastil ini disebut sebagai sanmeijo (δΈ‰εεŸŽ) oleh orang Jepang. Kastil dalam daftar ini dipilih berdasarkan besar, kemegahan, dan seberapa besar pengaruhnya dalam sejarah dan budaya di Jepang. Berikut adalah daftarnya.

1. KASTIL KUMAMOTO (KOTA KUMAMOTO, KUMAMOTO)




Kastil kumamoto pertama kali dibangun pada tahun 1467 oleh Ideta Hidenobu sebagai pusat dari kota Kumamoto, dan sekarang dianggap sebagai simbol dari Kumamoto. Kastil ini diperluas oleh perancang bangunan dari pemilik kastil Kato Kiyomasa (1562-1611), yang juga bekerja pada pembangunan dari kastil Nagoya.

Kastil di Jepang ini terkenal dengan tembok batu raksasa yang berkelok, parit yang dalam dan menara pengawas yang banyak, membuat kastil ini menjadi salah satu kastil yang memiliki pertahanan terbaik di Jepang. Kastil ini juga memaksimalkan letak geografis yang ada di sekitarnya, membuat kastil ini menjadi kastil paling sulit ditembus yang pernah dibangun di Jepang. Sayangnya, menara utama yang didesain oleh Kiyomasa dan beberapa bangunan lainnya dihancurkan saat pemberontak Satsuma pada tahun 1877 dan dibangun kembali tahun 1960. Kini menara utama kastil ini menjadi museum yang menyimpan berbagai artifak sejarah seperti baju zirah samurai, pedang, dan sejarah dari samurai yang pernah ada di Kumamoto

 Pada tahun 2016, kastil ini mengalami kerusakan akibat beberapa gempa bumi yang terjadi di daerah tersebut, seperti atap yang hilang, kubah yang hancur dan beberapa bagian dari tembok batu yang runtuh.

2. KASTIL OSAKA (OSAKA)



Kastil Osaka, dikenal dengan sebutan Kin-jo, dibangun pada tahun 1583 oleh orang besar kedua pemersatu Jepang, laksamana samurai Toyotomi Hideyoshi. Awalnya kastil di Jepang ini dibangun guna menunjukkan kekuatan dan kebesaran dari seorang Hideyoshi, dengan tujuan menciptakan kastil terkuat yang pernah berdiri di Jepang. Akan tetapi, kastil Osaka-lah yang dapat mencapai hal ini, dan memang tidak tertandingi desain dan kemegahannya di Jepang pada masa itu.

Simbol dari kota Osaka ini menawarkan pemandangan kota yang indah, dan dapat ditemukan dengan mudah karena berlokasi tepat di jantung kota. Kastil Osaka sendiri telah beberapa kali hancur dan dibangun kembali akibat perang. Kastil yang ada sekarang dibangun ulang dengan gaya abad 17. Di sana masih terdapat beberapa gerbang, sudut menara, dan juga tembok batu yang masih asli dari awal dibangunnya kastil ini.

Waktu berkunjung terbaik untuk datang ke kastil ini adalah saat musim semi, di mana bunga-bunga sakura sedang bermekaran di sekitar pekarangannya.


3. KASTIL NAGOYA (KOTA NAGOYA, AICHI)



Kastil Nagoya, dikenal dengan sebutan Kinshachi-jo, dibangun sekitar tahun 1609 dan 1619 oleh Keshogunan Tokugawa pertama yaitu Tokugawa Ieyasu (1543-1616), dan merupakan pusat dari salah satu kota kastil terpenting di Jepang.

Lebih dari 350 tahun, kastil Nagoya menjadi yang terbesar, desain terbaik dan terindah di seluruh Jepang. Sayangnya, hampir dari seluruh badan kastil yang asli telah dihancurkan saat perang dunia kedua, tetapi pada tahun 1959, menara utama dibangun kembali menggunakan beton dan berdiri hingga saat ini.

Kastil ini terletak tepat di jantung kota Nagoya, tetap terlihat spektakuler dengan beberapa sudut menara dan gerbang yang masih utuh seperti kondisi awal serta diakui sebagai aset budaya yang penting di Jepang. Sebutan kastil ini diambil dari dua patung emas kembar, kinshachi, lumba-lumba berkepala harimau, yang berada di puncak menara tersebut. Kedua patung ini dipercaya melindungi kastil dari luapan api.

Museum di dalam kastil ini mengoleksi berbagai macam peralatan bersejarah seperti baju zirah samurai, harta, dan sejarah milik dari tiga orang besar yang berjasa mempersatukan Jepang, Oda Nobunaga (1534-1582), Toyotomi Hideyoshi (1536-1598) dan Tokugawa Ieyasu.

Bagaimana? berminat gak untuk pengunjungi kastil bersejarah di jepang? mungkin kalo ada dana untuk liburan ke jepang bisa coba mampir kesana

Advertisemen

Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini.
Disqus Comments