Ini Dia 3 Perbedaan Yang Mengejutkan Antara Tokyo & Osaka

01.25
Jepangers - Hi, gan. Ane mau bagi-bagi info tentang Jepang, nih. Ane mulai tinggal di Jepang akhir Agustus ini. Kebetulan ane beruntung dapat kerjaan di land operator travel di sini. Karena itu, ane sama temen ane pengen bagi-bagi info tentang “perjalanan hidup” kita di sini.
Pertama, ane mau cerita tentang perbedaan budaya antara Tokyo sama Osaka. Walaupun sama-sama kota besar di Jepang, ini 2 kota punya banyak perbedaan budaya, Gan.

1. Berdiri di Eskalator
 
Ternyata di Jepang itu banyak peraturan ga tertulis gan, misalnya beridiri di eskalator. Kalau di Indonesia biasanya berhenti di tempat pas di eskalator. Kalau di Jepang itu kita harus kasih space buat yang mau jalan.

Kebiasaan cara naik eskalator di Tokyo dan Osaka ternyata beda gan. Kalau agan/ aganwati naik eskalator di Tokyo dan ga mau jalan berdirinya di kiri ya, soalnya sebelah kanan itu space baut orang yang jalan. Nah, kalau di Osaka aturan ini jadi kebalik, kalau ga mau diem naiknya di sebelah kanan, yang kiri buat orang jalan.

Nih bedanya di bawah, Gan




2. Nuansa kota

 
Selain perbedaan di atas, nuansa kota Osaka sama Tokyo juga beda gan. Tokyo tuh tipikal kota metropolitan, jadi orangnya individualis banget. Kalau Osaka tipikal kota perdagangan, jadi orangnya lebih ramah gan. 

Terus pemandangan kotanya juga beda banget, gan. Di Tokyo banyak banget gedung perkantoran. Di Osaka ada juga sih gedung perkantoran, tapi kita masih bisa liat banyak kawasan pertokoan ala Jepang di tengah kota.

Selain itu, dari pengalaman ane. Kalau jalan-jalan di Tokyo yang paling menarik yah kota Tokyo-nya aja, kota di sekitarnya kurang mencolok. Tapi, kalau Osaka selain bisa jalan di kota ini, kita juga bisa jalan ke kota sekitarnya yang menarik, kayak Kyoto, Nara sama Kobe. Kalau di Jepang 4 kota ini disebutnya wilayah Kansai, gan.

Ngomong-ngomong tentang Kansai, ane juga mau bagi sedikit info mengenai pembagian wilayah di Jepang. Kalau di Indonesia ada yang namanya provinsi, kalau di Jepang namanya distrik. Di antara semua distrik di Jepang, ada 2 distrik yang terkenal, yaitu Kanto dan Kansai.

Kanto ada di bagian timur Jepang, yang terdiri dari Tokyo, Chiba, Kanagawa, Gunma, Ibaraki, Tochigi dan Saitama. Lalu, Kansai ada di bagian barat Jepang, yang terdiri dari Osaka, Kyoto, Nara, Kobe, Hyogo dan Wakayama.  



3. Tujuan orang Jepang datang ke dua kota itu
Selanjutnya, image dua kota ini dari sudut pandang orang Jepang.

Menurut orang Jepang, Tokyo itu kota yang dikunjungi untuk bisnis, jadi mereka jarang datang ke Tokyo buat jalan-jalan. Kalau image tempat pariwisata buat mereka lebih ke wilayah Kansai. Alasan mereka lebih memilih Kansai karena mereka dapat menikmati nuansa traditional Jepang di Kyoto dan Nara. Selain itu, mereka juga bisa menikmati banyak makanan yang enak dan murah di Osaka, Gan.

Kalau menurut ane sih, Kansai itu pusat budayanya Jepang dari zaman dulu, jadi kalau ke Jepang sampe ga ke sini tuh sayang banget, Gan. Ane pribadi suka banget sama Kyoto dan Osaka, soalnya ini dua kota punya nuansa khas yang ga bisa dirasain pas di Tokyo, yaitu suansana bersejarah dan penuh dengan makanan. (Hehe)


(Dotonbori, Osaka)




(Shinjuku, Tokyo)



Nah, semoga cerita di atas bermaanfaat dan bisa jadi tambahan pengetahuan.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Topik

AKB48 (2) Akihabara (1) Aktor (5) Aktris (5) Android (19) Aneh (40) Anime (84) Artis (25) Berita (1) Biaya Hidup (1) Biografi (1) Boneka (8) Budaya (114) Buku (1) Cantik (6) Cerita (2) Cerita Rakyat (1) Cilik (1) Cosplay (10) CrossDress (1) Dewa (1) Dewasa (69) Dinosaurus (1) Download (4) Ecchi (4) Film (35) Foto (1) Game (3) Gamers (1) Games (23) Get Rich (2) Harga (2) Hentai (13) Horor (3) Hot (1) Impor (1) Imut (3) Indonesia (9) Info (100) Informasi (1) Internet (1) istilah (4) J-Pop (6) JAV (47) Jepang (290) Jurassic Park (1) Keluarga (1) Kisah (31) Komedian (1) Komik (3) Kompetisi (2) Konser (1) Kontroversi (3) Korea (1) Kota (2) Lagu (9) Larangan (3) Lawas (1) Lucu (6) Makanan (1) Manga (8) Mangaka (1) Manhua (1) Manhwa (2) Mitologi (3) Model (1) Musik (15) Onsen (1) Ost (6) Otaku (6) Pelacur (1) Penghargaan (1) Penyanyi (1) Pokemon Go (3) Populer (4) Problematika (26) Proses (1) PSK (1) Publik (1) Rahasia (1) Rangking (2) Referensi (13) Restaurant (1) Robot (2) Rokok (3) Sains (6) Sedih (2) Seiyuu (1) Sekolah (1) Seks (1) Seni (6) Sex (1) Sinetron (1) Siswi (3) Sosial (13) Soul Seeker (2) Soundtrack (1) Summoner War (5) Suster (1) Teknologi (14) Terkenal (1) Tips (1) Tokoh (2) Top (1) Tradisi (53) Traveling (1) Trend (4) Tutorial (4) Unik (98) Video (6) Wanita (14) WCS 2016 (1) Webtoon (1) Wisata (3) Youtube (1) Yuri (1)