Fukutegami, Cara Unik untuk Menulis Surat di Jepang

02.49
Jepangers - Di zaman yang modern dan serba canggih ini segala sesuatunya bisa dilakukan dengan mudah dengan bantuan teknologi yang ada. Pergi ke manapun cukup menaiki kendaraan bermotor milik pribadi ataupun menggunakan transportasi umum yang ada. Mau pesan makanan? Membeli alat elektronik? Atau membeli barang kebutuhan sehari-hari? Kita tidak perlu capek-capek keluar rumah, beragam situs jual beli online ataupun aplikasi kurir bisa kita manfaatkan untuk memenuhi kebutuhan kita tersebut. Cukup gunakan smatrphone dan kita tinggal bersantai menunggu pesanan kita datang.

Berkomunikasi dengan orang pun jauh lebih mudah dengan adanya teknologi ponsel/smartphone. Jika dulu orang-orang biasa berkirim surat untuk berkomunikasi, sekarang orang-orang lebih memilih menggunakan aplikasi media sosial jika ingin menghubungi seseorang. Sekarang ini nampaknya sudah jarang sekali orang yang berkirim surat ya… Dulu kantor pos kebanjiran order untuk mengirim surat, sekarang kebalikannya, sepi sekali yang mau mengirim surat. Admin yakin anak-anak sekarang mungkin sama sekali tidak pernah menulis surat untuk dikirim kepada seseorang. Haha.

Ada sebuah terobosan baru di Jepang soal surat menyurat ini. Sebenarnya di era digital ini, di Jepang pun hanya tinggal segelintir orang saja yang masih rajin berkirim surat, karena itulah Masako Yokoi, mahasiswi desain media Universitas Keio menciptakan sebuah “surat” unik agar orang tertarik untuk menulis & mengirim surat. “Surat” ini disebut fukutegami. Fukutegami menjadi unik karena sebenarnya “surat” ini bukanlah secarik kertas berisi tulisan melainkan sebuah kemeja! Namanya sendiri sebenarnya merupakan gabungan dari kata “fuku” yang berarti pakaian, dan “tegami” yang berarti surat. Jadi, Fukutegami ini adalah surat yang berbentuk pakaian.

Fukutegami, Cara Unik untuk Menulis Surat di Jepang


Fukutegami, Cara Unik untuk Menulis Surat di Jepang



Kemeja yang didesain khusus ini bisa kita pakai untuk menulis surat. Caranya gampang, di bagian dalam kemeja terdapat space khusus untuk kita menulis, tulislah apapun sesuai kenginan kita. Cukup menggunakan ballpoint biasa saja, tak ada alat tulis khusus yang harus digunakan. Selesai menulis lipatlah kemeja itu menjadi bentuk amplop. FYI kemeja ini sudah didesain agar bisa dilipat menjadi sebuah amplop jadi kalian tak perlu bingung bagaimana cara melipatnya. Setelah itu tulislah alamat dan tempel perangko di bagian yang sudah tersedia, lalu voila! “surat” pun siap dikirimkan via pos.

Baca Juga :

Fukutegami, Cara Unik untuk Menulis Surat di Jepang


Tulisan yang sudah kita tulis di dalam kemeja mudah dihapus, cukup cuci kemeja tersebut maka semua tulisan kita akan hilang. Bahan kemeja ini memang dipilih agar tulisan ballpoint kita bisa dihapus dengan mudah. Hihi unik, ya! Orang yang menerima “surat” ini pasti senang, selain karena bentuknya yang unik konon katanya surat yang ditulis dengan tangan sendiri itu memiliki kesan tersendiri.

Fukutegami, Cara Unik untuk Menulis Surat di Jepang


Bagaimana? Tertarik untuk mencoba fukutegami?

Kalian bisa membeli fukutegami ini melalui situs: fukutegami (situsnya memakai bahasa Jepang).

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Topik

AKB48 (2) Akihabara (1) Aktor (5) Aktris (5) Android (19) Aneh (40) Anime (84) Artis (25) Berita (1) Biaya Hidup (1) Biografi (1) Boneka (8) Budaya (114) Buku (1) Cantik (6) Cerita (2) Cerita Rakyat (1) Cilik (1) Cosplay (10) CrossDress (1) Dewa (1) Dewasa (69) Dinosaurus (1) Download (4) Ecchi (4) Film (35) Foto (1) Game (3) Gamers (1) Games (23) Get Rich (2) Harga (2) Hentai (13) Horor (3) Hot (1) Impor (1) Imut (3) Indonesia (9) Info (100) Informasi (1) Internet (1) istilah (4) J-Pop (6) JAV (47) Jepang (290) Jurassic Park (1) Keluarga (1) Kisah (31) Komedian (1) Komik (3) Kompetisi (2) Konser (1) Kontroversi (3) Korea (1) Kota (2) Lagu (9) Larangan (3) Lawas (1) Lucu (6) Makanan (1) Manga (8) Mangaka (1) Manhua (1) Manhwa (2) Mitologi (3) Model (1) Musik (15) Onsen (1) Ost (6) Otaku (6) Pelacur (1) Penghargaan (1) Penyanyi (1) Pokemon Go (3) Populer (4) Problematika (26) Proses (1) PSK (1) Publik (1) Rahasia (1) Rangking (2) Referensi (13) Restaurant (1) Robot (2) Rokok (3) Sains (6) Sedih (2) Seiyuu (1) Sekolah (1) Seks (1) Seni (6) Sex (1) Sinetron (1) Siswi (3) Sosial (13) Soul Seeker (2) Soundtrack (1) Summoner War (5) Suster (1) Teknologi (14) Terkenal (1) Tips (1) Tokoh (2) Top (1) Tradisi (53) Traveling (1) Trend (4) Tutorial (4) Unik (98) Video (6) Wanita (14) WCS 2016 (1) Webtoon (1) Wisata (3) Youtube (1) Yuri (1)