5 Hal Menarik Pas Musim Panas di Jepang

08.45
Jepangers - Kali ini kita mau nulis artikel mengenai musim panas, NATSU. Sebelum masuk ke musim panas, ternyata di Jepang ada musim hujan juga yang disebut TSUYU.

Musim hujan ini berlangsung selama 1-1.5 bulan. Setelah itu baru deh musim panas yang sebenarnya datang dan biasanya sih sekitar bulan Juli.

Ini ada beberapa event dan kegiatan yang biasanya dilakuin sama orang Jepang pas musim panas.
Kalau Agan sama Aganwati kebetulan berkunjung ke negara sakura ini di musim panas, jangan sampe ga ngerasain salah satu kegiatan di bawah ini ya!

1. Tanabata

Perayaan bintang yang diadopsi dari Cina ini, dirayain tanggal 7 Juli. Menurut legendanya, hanya di tanggal ini ORIHIME (bintang Vega) dan HIKOBOSHI (bintang Altair), sepasang kekasih yang dipisahkan oleh Bima Sakti dapat bertemu. Pada perayaan ini biasanya orang Jepang membuat pajangan dari bambu yang diberi hiasan atau kertas warna-warni yang bertuliskan harapan.

5 Hal Menarik Pas Musim Panas di Jepang


2. Obon

Selain tanabata perayaan besar lainnya adalah Obon. Perayaan ini dilakukan sekitar pertengahan bulan Agustus setiap tahunnya. Dalam perayaan Obon ini, orang Jepang percaya bahwa nenek moyang mereka kembali ke dunia ini untuk mengunjungi sanak keluarganya. Perayaan ini juga memiliki tarian khas yang disebut BON ODORI. Di hari terakhir perayaan ini, mereka menghayutkan lampion di sungai untuk mengantarkan arwah nenek moyang mereka kembali ke dunianya. Acara menghanyutkan lampion ini disebut TORO NAGASHI. Pemandangan ini hanya bisa diliat pas musim panas, gan.



3. Hanabi taikai

Ga cuma perayaan, di musim ini juga ada festival kembang api yang dikenal dengan istilah hanabi taikai. Selain bisa menikmati kembang api, di sini juga kita bisa menikmati banyak jajanan jalan yang dijual di kedai dadakan. Biasanya orang Jepang datang ke festival ini sama teman sambil pake baju tradisional musim panas Jepang, yaitu YUKATA.



4. Kawa asobi

Kalau di Indonesia kita main di sungai bisa kapan aja, beda banget sama di Jepang. Mereka main di sekitar sungai itu cuma bisa musim panas. Kegiatan ini disebut dengan KAWA-ASOBI yang artinya main di sungai. Apa ja sih yang termasuk kawa asobi ini?
- BBQ
Pas musim panas biasanya orang Jepang BBQ-an bareng teman atau keluarga di pinggir sungai, gan.
- Ayu tsukami tori
Ada juga kegiatan ayu tsukami tori yang biasanya 1 set sama BBQ. Di kegiatan ini kita harus nangkep ikan Ayu (jenis ikan musim panas) pake tangan, gan. Abis itu ikannya ditusuk n dibakar. Ane pengen banget nyoba nih kegiatan.


- Suikawari
Selain dua kegiatan di atas, ada juga kegiatan mecahin semangka pake tongkat yang dikenal dengan suikawari. Kegiatan ini biasanya dilakukan di pinggir sungai/ laut.



Baca Juga:

5. Kawadoko
Ga kalah dari 4 kegiatan di atas, kita juga bisa menikmati kegiatan yang disebut KAWADOKO.
Kita dapat menikmati berbagai jenis makanan di kedai yang dibuka di atas sungai, sambil merasakan keindahan alam. Wajib deh buat dicoba.



Itulah 5 Hal Menarik Pas Musim Panas di Jepang. Nah, sekian dulu ya artikel kali ini. Semoga bisa bermanfaat ya buat yang mau ke Jepang.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Topik

AKB48 (2) Akihabara (1) Aktor (5) Aktris (5) Android (19) Aneh (39) Anime (84) Artis (25) Berita (1) Biaya Hidup (1) Biografi (1) Boneka (8) Budaya (113) Buku (1) Cantik (6) Cerita (2) Cerita Rakyat (1) Cilik (1) Cosplay (10) CrossDress (1) Dewa (1) Dewasa (69) Dinosaurus (1) Download (4) Ecchi (4) Film (35) Foto (1) Game (3) Gamers (1) Games (23) Get Rich (2) Harga (2) Hentai (13) Horor (3) Hot (1) Impor (1) Imut (3) Indonesia (9) Info (100) Internet (1) istilah (4) J-Pop (6) JAV (47) Jepang (288) Jurassic Park (1) Kisah (31) Komedian (1) Komik (3) Kompetisi (2) Konser (1) Kontroversi (3) Korea (1) Kota (2) Lagu (9) Larangan (3) Lawas (1) Lucu (6) Makanan (1) Manga (8) Mangaka (1) Manhua (1) Manhwa (2) Mitologi (3) Model (1) Musik (15) Onsen (1) Ost (6) Otaku (6) Pelacur (1) Penghargaan (1) Penyanyi (1) Pokemon Go (3) Populer (4) Problematika (26) Proses (1) PSK (1) Publik (1) Rahasia (1) Rangking (2) Referensi (13) Restaurant (1) Robot (2) Rokok (3) Sains (6) Sedih (2) Seiyuu (1) Sekolah (1) Seks (1) Seni (6) Sex (1) Sinetron (1) Siswi (3) Sosial (12) Soul Seeker (2) Soundtrack (1) Summoner War (5) Suster (1) Teknologi (13) Terkenal (1) Tokoh (2) Top (1) Tradisi (52) Traveling (1) Trend (4) Tutorial (3) Unik (97) Video (6) Wanita (14) WCS 2016 (1) Webtoon (1) Wisata (3) Youtube (1) Yuri (1)