Kasus Adzan Pada Anime Jepang Noragami

22.27
Tokyo - Sebuah anime bertajuk Noragami Aragoto baru saja menghebohkan umat Muslim di dunia maya. Pasalnya, belakangan diketahui kalau sebuah musik latar atau background music (BGM) di salah satu episode terdengar mirip suara azan.
Musik latar berjudul Push Buttons yang mengundang kontroversi itu, awalnya dibuka dengan iringan distorsi gitar bernuansa metal. Setelah itu, ketukan dan iringan ala musik trance (disko) pun menyusul kemudian.

Noragami

Barulah kemudian suara vokal yang melantunkan kumandang azan diperdengarkan. Jika mendengar lagunya dalam versi utuh, vokal tersebut benar-benar melantunkan kumandang azan dari awal hingga akhir, sementara alunan musik elektronik terus mengiringinya.
Banyak umat Islam di dunia maya yang menyayangkan keberadaan musik latar ini sebagai pengiring episode keenam Noragami Aragoto.

Apalagi di dalam animenya, musik ini dijadikan pengiring adegan pertempuran yang tak ada kaitannya dengan ajaran agama Islam. Barulah kemudian suara vokal yang melantunkan kumandang azan diperdengarkan. Jika mendengar lagunya dalam versi utuh, vokal tersebut benar-benar melantunkan kumandang azan dari awal hingga akhir, sementara alunan musik elektronik terus mengiringinya.

Kontroversi Adzan yang Diremix Digunakan Sebagai OST Noragami

Kontroversi noragami

Banyak umat Islam di dunia maya yang menyayangkan keberadaan musik latar ini sebagai pengiring episode keenam Noragami Aragoto. Apalagi di dalam animenya, musik ini dijadikan pengiring adegan pertempuran yang tak ada kaitannya dengan ajaran agama Islam. Beberapa kaum Muslim menghujat pencipta musik ini, beberapa ada juga yang berharap agar lagu ini dihapus. Banyak pihak dari kalangan non-Muslim pun setuju kalau lagu ini tidak menghormati agama Islam.

Meskipun begitu, tak sedikit juga pihak-pihak tertentu yang menganggap lagu ini hanya sekadar kebebasan berekspresi yang tak perlu diributkan. Bahkan ada beberapa yang mengaku Muslim menganggap lagu ini terdengar indah dan bisa menjadi bahan salat lima waktu bagi beberapa fans anime dari kaum Muslim yang belum taat beribadah.

Noragami Aragoto mengudara sejak Oktober 2015. Anime yang sudah memasuki musim kedua ini diadaptasi dari manga Noragami karya Adachitoka yang terbit sejak 2010 lalu. Kisah dalam animenye bercerita tentang siswi SMA yang terjun ke dunia para dewa setelah mengalami kecelakaan dan bertemu pria misterius.

Terkait Suara Adzan di Anime Noragami Aragoto, Komite Produksi Meminta Maaf

Pihak Komite Produksi anime Noragami Aragoto melalui press release mengungkapkan permintaan maafnya atas penggunaan suara adzan di background music berjudul Push Buttons dalam anima tersebut.

Beberapa hari ini kita gempar dengan temuan adzan yang terkandung dalam sebuah background music (BGM) dan digunakan untuk sebuah anime berjudul Noragami Aragoto. Dalam BGM tersebut, kita bisa dengan jelas mendengar ada kumandang adzan yang di ubah menjadi sebuah musik remix dan dijadikan sebagai BGM. Hal ini jelas menimbulkan kontroversi dikalangan Netizen.

Surat permintaan maaf

Terkait dengan hal ini, pihak komite produksi seri anime Noragami Aragoto melalui sebuah dokumen press release meminta maat kepada umat muslim atas penggunaan adzan dalam musik tersebut. Pihak komite produksi dalam keterangan persnya mengaku tidak memiliki niat untuk menghina atau menistakan agama Islam,
Pihak komite juga mengaku tidak dikonfirmasi apa sebenarnya arti dari lantunan suara adzan dalam BGM tersebut, sehingga tidak mempertimbangkan berbagai hal terkait umat Islam dan pengikutnya yang jumlahnya terbesar kedua diseluruh dunia setelah Kristen. Namun pihak komite berjanji kedepannya akan mempertimbangkan dan lebih berhati-hati lagi di masa depan.

Original Soundtrack dari Noragami 

Aragoto sendiri dirilis di Jepang pada 25 November dengan judul Noragami no Oto 2. Terkait dengan kontroversi ini, pihak panitia telah menghentikan dan menarik kembali disk dari toko. Begitu pula dengan DVD dan Blu-ray volume pertama dari anime Noragami Aragoto yang berisi tiga episode pertama ditunda peluncurannya dari yang seharusnya 18 Desember, ditunda hingga BD sudah di revisi.

Permintaan maaf pihak Komite Produksi Noragami Aragoto sendiri bisa dimaklumi karena Jepang adalah negara dengan penduduk yang mayoritas memiliki kepercayaan Shinto. Di Jepang, Shinto menjadi agama nomor satu terbanyak pengikutnya, diikuti Buddha, Kristen dan Katolik. Sementara Islam di Jepang adalah agama minoritas. Dengan keterbatasan informasi mengenai Islam di Jepang, bukan hal yang aneh jika pihak Komite Produksi anime Noragami Aragoto tidak mengetahui sama sekali mengenai adzan.

Kita, sebagai umat Islam juga sebaiknya memaafkan karena Islam selama ini dikenal sebagai umat yang pemaaf. Tuhan kita Allah SWT dari 99 nama (Asmaul Husna) yang dimilikinya salah satunya adalah Al Afuww yang berarti “Yang Maha Pemaaf.” Dengan memaafkan kita memberi tahu kepada masyarakat Jepang bahwa Islam adalah agama yang pemaaf, dan merupakan agama yang indah. Dengan begini, nama Islam yang tercoreng di Jepang oleh ulah ISIS bisa menjadi menjadi lebih baik.


Sumber : dari berbagai sumber google search

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Topik

AKB48 (2) Akihabara (1) Aktor (5) Aktris (5) Android (19) Aneh (39) Anime (84) Artis (25) Berita (1) Biaya Hidup (1) Biografi (1) Boneka (8) Budaya (113) Buku (1) Cantik (6) Cerita (2) Cerita Rakyat (1) Cilik (1) Cosplay (10) CrossDress (1) Dewa (1) Dewasa (69) Dinosaurus (1) Download (4) Ecchi (4) Film (35) Foto (1) Game (3) Gamers (1) Games (23) Get Rich (2) Harga (2) Hentai (13) Horor (3) Hot (1) Impor (1) Imut (3) Indonesia (9) Info (100) Internet (1) istilah (4) J-Pop (6) JAV (47) Jepang (288) Jurassic Park (1) Kisah (31) Komedian (1) Komik (3) Kompetisi (2) Konser (1) Kontroversi (3) Korea (1) Kota (2) Lagu (9) Larangan (3) Lawas (1) Lucu (6) Makanan (1) Manga (8) Mangaka (1) Manhua (1) Manhwa (2) Mitologi (3) Model (1) Musik (15) Onsen (1) Ost (6) Otaku (6) Pelacur (1) Penghargaan (1) Penyanyi (1) Pokemon Go (3) Populer (4) Problematika (26) Proses (1) PSK (1) Publik (1) Rahasia (1) Rangking (2) Referensi (13) Restaurant (1) Robot (2) Rokok (3) Sains (6) Sedih (2) Seiyuu (1) Sekolah (1) Seks (1) Seni (6) Sex (1) Sinetron (1) Siswi (3) Sosial (12) Soul Seeker (2) Soundtrack (1) Summoner War (5) Suster (1) Teknologi (13) Terkenal (1) Tokoh (2) Top (1) Tradisi (52) Traveling (1) Trend (4) Tutorial (3) Unik (97) Video (6) Wanita (14) WCS 2016 (1) Webtoon (1) Wisata (3) Youtube (1) Yuri (1)