Hal-hal yang Paling Sering Anda Jumpai Dalam Anime

03.55

Banyak orang yang senang menonton anime, termasuk saya sendiri. Kalau kita sering menonton anime pasti kita akan menemukan hal-hal yang sepertinya diulang terus menerus dan hampir selalu ada di setiap anime. Anime, layaknya media-media yang lain seperti mengikuti “hukum-hukum” tertentu untuk berjalan.

Sekarang saya akan mencoba menuliskan beberapa “hukum” yang biasa dapat ditemukan dalam anime, seperti yang disebutkan dalam The Ultimate List of Anime Cliches and Axiom. Tapi tentu saja masing-masing yang disebutkan disini memiliki pengecualian.

1.Setiap warna, warna apapun yang dapat kamu bayangkan, merupakan merupakan warna rambut yang alami untuk setiap karakter anime. Entah mengapa warna yang sebenarnya terasa sangat aneh untuk rambut, seperti biru, hijau, pink, sangat sering dipakai. Mungkin agar penonton lebih tertarik kali ya?

2.Tubuh manusia mengandung setidaknya 64 galon darah. Oke, itu sebenarnya pernyataan yang sangat dilebih-lebihkan. Tapi kalau kita menonton anime yang tingkat kekerasannya  tinggi, seorang karakter yang sedang terluka biasanya akan mengeluarkan darah yang banyak, bahkan cukup banyak untuk membuat manusia normal mati. Dan kalau ditusuk di tempat yang tepat, darah bahkan dapat keluar seperti air mancur dari tubuh karakter tersebut. Yang lebih hebatnya lagi, karakter tersebut masih hidup (tapi sering juga mati sih, apalagi kalau hanya karakter sampingan).

3.Jika dalam anime kamu melihat seorang karakter cewek (untuk pertama kalinya) dan cewek tersebut memegang/menggunakan pistol , maka cewek itu pasti seorang penembak paling jitu yang ada di muka Bumi atau seorang agen rahasia.

4.Jika protagonis utama adalah remaja laki-laki (biasanya berumur 16 ke bawah), hampir dapat dipastikan kalau dia tidak mempunyai orang tua, dan kalau ada sekalipun hanya mempunyai ayah atau ibu saja. Orang tua mereka biasanya diculik, sudah meninggal, ketua dari organisasi super rahasia, atau meninggalkan anaknya saat anak itu masih kecil. Jadi seandainya kamu seorang karakter anime dan mempunyai anak, itu seperti menandatangani surat kematianmu sendiri.

5.Waspadalah terhadap tentakel (terutama untuk karakter cewek). Ini merupakan peringatan yang sangat serius! Karakter cewek, menjauhlah kalian dari yang namanya gurita (apalagi gurita raksasa), Metroid, ubur-ubur, mie ramen dan apapun yang bentuknya menyerupai tentakel. Percayalah, ini untuk kebaikan kalian sendiri.

6.Wanita-wanita tua (nenek-nenek) biasanya sangat bijaksana dan pintar serta mempunyai kepribadian yang memukau. Tapi laki-laki yang sudah tua, mereka hanyalah orang-orang mesum yang hanya ingin mengintip celana dalam cewek-cewek muda saja.

7.Ribuan droid, zombie, monster, robot penghancur atau armada-armada kematian lainnya dapat dihentikan hanya dengan nyanyian yang menyedihkan atau pertunjukan emosi yang sederhana, seperti menangis misalnya. Ah, seandainya saja hal ini dapat diaplikasikan di dunia nyata, kematian sia-sia orang yang terjadi setiap hari di dunia ini tidak perlu terjadi.

8.Kapanpun seorang karakter cowok melihat cewek yang setengah telanjang, bukannya mengalami ereksi, malah darah mulai berkeluaran dari hidungnya. Dan kalau melihat cewek yang full telanjang, kekuatan darah yang keluar bahkan dapat menyamai kekuatan roket yang akan meninggalkan Bumi.

9.Robot-robot raksasa dapat dikendalikan tanpa adanya latihan sama sekali. Yang paling sering mengeksploitasi hal ini biasanya adalah remaja-remaja yang tidak tahu apa-apa dan hanya kebetulan saja menemukan robot tersebut.

10.Seorang hero dapat ditembak dengan energi berkekuatan nuklir dan semua pakaiannya akan  menghilang…kecuali celana dalamnya. Oh, dan hero tersebut selalu selamat dari tembakan nuklir itu, tembakan yang seharusnya dapat membuat sebuah kota menghilang dari peta.

11.Setiap kali seorang karakter yang serius berhenti di tengah kalimatnya, angin yang datangnya entah darimana akan bertiup di sekitar tempat itu.

12.Setiap band yang yang ada di anime pasti sangat terkenal. Tiket konsert mereka selalu habis terjual, semua orang tau siapa mereka dan sebagian orang bahkan rela menjual rumah mereka untuk membeli tiket konser band tersebut.

13.Kapanpun seorang karakter utama memiliki perasaan yang tidak enak tentang orang dekatnya, perasaannya itu pasti akan menjadi kenyataan. Bahkan jika karakter itu bermimpi kalau orang dekatnya itu berubah menjadi gajah kurus bermata apel berkulit rambutan berekor pipa paralon, ada dua kemungkinan yang ada yaitu mimpinya itu akan menjadi kenyataan, atau mimpinya itu telah menjadi kenyataan, hanya saja dia belum mengetahuinya.

14.Tidak ada yang namanya pasangan romantis ketika kita dikenalkan pertama kali pada karakter-karakter anime. Hal tersebut, kalau pun memang ada, akan berkembang dari waktu ke waktu. Perkembangan itu biasanya meliputi karakter-karakter akan saling membuat diri mereka malu sendiri (berkali-kali lagi) ketika ingin menggaet hati karakter lainnya. Dan setelah puluhan drama kemudian barulah mereka menjadi pasangan.

15.Semua orang dapat melompat 15 meter di udara. Tidak peduli betapa tua, sakit, berat, atau hampir mati sekalipun. Jika kamu seorang karakter anime, maka secara praktisnya kamu dapat melompat antar bangunan satu dengan lainnya dengan mudah.

16.Seorang protagonis muda yang secara rahasia melawan alien atau monster tidak jelas lainnya akan kehilangan sekitar 60% dari waktu sekolahnya. Walaupun demikian guru mereka jarang sekali menanyakan mengapa mereka absen. Mungkin karena guru-guru tersebut terlalu sibuk pada urusannya masing-masing sehingga tidak peduli pada siswanya itu atau mungkin karena gurunya bahkan tidak menyadari kalau siswanya itu sering absen atau alasan tidak masuk akal lainnya. Jadi apa yang dapat kita pelajari disini, anak-anak? Sering bolos sekolah itu tidak apa-apa asalkan kamu memiliki identitas rahasia dan melawan monster-monster atas nama kebenaran dan keadilan… walaupun sebenarnya tidak ada yang mengetahui hal itu.

17.Jika ada robot/mecha (apalagi kalau milik alien) tiba-tiba muncul di tengah kota besar, maka kamu tidak akan melihat apapun yang tingginya melebihi 10 kaki dalam waktu 10 menit lagi. Yang berarti seandainya kita tinggal di dunia anime tepatnya di kota besar, setiap malam kita harus berdoa pada yang Maha Kuasa agar robot-robot raksasa tidak muncul di kota kita itu. Dan jika robot-robot tersebut tetap muncul, habislah sudah.

18.Protagonis manapun yang bersumpah bertahun-tahun lalu kalau dia tidak akan menggunakan sejenis senjata tertentu lagi pasti pada akhirnya akan melanggar sumpah itu. Biasanya senjata yang dimaksud berbentuk pedang, dan ada banyak alasan mengapa protagonis bersumpah tidak mau memakainya lagi, seperti pedang itu pernah menyakiti orang kesayangannya dan lain-lain.

19.Setiap kali seorang karakter cowok yang didampingi karakter cewek bertingkah seperti idiot di dekat cewek lain, karakter cewek akan langsung mengeluarkan palu raksasa dan langsung menghantamkan palu itu ke kepala sang cowok. Darimana sang cewek mendapat palu raksasa itu dan dimana dia menyimpannya masih menjadi perdebatan yang hangat dimana-mana. Mungkin hanya Tuhan saja yang tahu.

20.Kebanyakan petarung wanita sebisa mungkin biasanya hanya menggunakan sedikit pakaian saja. Walaupun yang akan dilawan adalah dewa es yang tinggal nun di Kutub Selatan, mereka tidak bermasalah melawannya hanya dengan memakai bikini, tanpa menghiraukan cuaca yang ekstrim.

21.Seorang bawahan sang antagonis utama yang sangat ahli dalam strategi perang, ahli dalam semua jenis senjata, pokoknya ahli dalam hal apapun, akan selalu dibodohi atau dikalahkan oleh protagonis yang berumur 15 tahun. Lalu, bawahan tersebut akan dihancurkan oleh sang antagonis atas kegagalan-kegagalannya itu, walaupun bawahan itu telah bekerja pada antagonis, katakanlah selama 40 tahun. Memang tidak ada penghargaan sama sekali kalau kita berada di pihak antagonis.

22.Setiap orang terkenal yang ada di anime (tapi bukan karakter utama) suatu waktu akan bertemu/berhubungan dengan karakter-karakter utama anime itu. Biasanya mereka diselamatkan oleh karakter utama dari penjahat atau mereka hanya kebetulan membeli es krim ditempat yang sama. Dapat dipastikan akan terjadi komunikasi antara karakter utama dengan orang terkenal itu. Setelah itu, 99% yang terjadi tidak akan ada kaitannya dengan plot.

23.Waktu tidaklah konstan dalam anime. Waktu akan berhenti ketika hero melakukan sesuatu yang ‘keren’, melambat ketika teman atau pacar sang hero meninggal, dan menjadi cepat ketika terjadi pertarungan.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Topik

AKB48 (2) Akihabara (1) Aktor (5) Aktris (5) Android (19) Aneh (39) Anime (84) Artis (25) Berita (1) Biaya Hidup (1) Biografi (1) Boneka (8) Budaya (113) Buku (1) Cantik (6) Cerita (2) Cerita Rakyat (1) Cilik (1) Cosplay (10) CrossDress (1) Dewa (1) Dewasa (69) Dinosaurus (1) Download (4) Ecchi (4) Film (35) Foto (1) Game (3) Gamers (1) Games (23) Get Rich (2) Harga (2) Hentai (13) Horor (3) Hot (1) Impor (1) Imut (3) Indonesia (9) Info (100) Internet (1) istilah (4) J-Pop (6) JAV (47) Jepang (288) Jurassic Park (1) Kisah (31) Komedian (1) Komik (3) Kompetisi (2) Konser (1) Kontroversi (3) Korea (1) Kota (2) Lagu (9) Larangan (3) Lawas (1) Lucu (6) Makanan (1) Manga (8) Mangaka (1) Manhua (1) Manhwa (2) Mitologi (3) Model (1) Musik (15) Onsen (1) Ost (6) Otaku (6) Pelacur (1) Penghargaan (1) Penyanyi (1) Pokemon Go (3) Populer (4) Problematika (26) Proses (1) PSK (1) Publik (1) Rahasia (1) Rangking (2) Referensi (13) Restaurant (1) Robot (2) Rokok (3) Sains (6) Sedih (2) Seiyuu (1) Sekolah (1) Seks (1) Seni (6) Sex (1) Sinetron (1) Siswi (3) Sosial (12) Soul Seeker (2) Soundtrack (1) Summoner War (5) Suster (1) Teknologi (13) Terkenal (1) Tokoh (2) Top (1) Tradisi (52) Traveling (1) Trend (4) Tutorial (3) Unik (97) Video (6) Wanita (14) WCS 2016 (1) Webtoon (1) Wisata (3) Youtube (1) Yuri (1)