Apa itu Cosplay?

Advertisemen
Cosplay: adalah istilah bahasa Inggris buatan Jepang [Wasei-eigo] yang berasal dari gabungan kata “costume” [kostum] dan “play” [bermain]. Cosplay berarti hobi mengenakan pakaian beserta aksesori dan rias wajah seperti yang dikenakan tokoh-tokoh dalam anime, manga, game, atau penyanyi/musisi idola. Pelaku cosplay disebut cosplayer, Di kalangan penggemar, cosplayer juga disingkat sebagai layer. Di Jepang, peserta cosplay bisa dijumpai dalam acara yang diadakan perkumpulan sesama penggemar seperti Comic Market, atau menghadiri konser dari grup musik yang bergenre visual-kei.

Penggemar cosplay termasuk cosplayer maupun bukan cosplayer sudah tersebar di seluruh penjuru dunia, diantaranya Amerika Serikat, RRC, Eropa, Filipina, Singapura, Malaysia dan tentu saja Indonesia. Dalam catatan sejarah Jepang, cosplay pertama kalinya dikenakan oleh Mari Kotani yang memakai kostum Triton of the Sea [judul komik karya Ozamu Tesuka, yang juga beken dengan karyanya berjudul Tetsuwan Atom/Atom Boy/Astro Boy].
Advertisemen

Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini.
Disqus Comments