Perbedaan Sumpit Jepang Dengan China dan Korea

Advertisemen
Cina, Jepang, dan Korea adalah tiga negara yang populer di Asia. Ragam makanan dan budaya dari ketiga negara itu pun sudah dikenal di seluruh belahan dunia, dan dampak kuliner paling khas yang mereka miliki adalah penggunaan sumpit. Terlepas dari tahu atau tidaknya seseorang dalam menggunakannya, sumpit telah menjadi peralatan yang umum dalam budaya Asia dan restoran di seluruh dunia.

Sejarah sumpit di Asia sudah ada lebih dari 5000 tahun lalu. Berawal di Cina, sumpit kemudian menyebar ke Jepang dan Korea. Pada zaman kuno, sumpit terbuat dari batang pohon atau bambu. Awalnya, sumpit digunakan untuk mengambil makanan yang dimasak dalam panci atau dimasak dalam api. Lalu, apa yang membedakan antara sumpit Cina, Jepang, dan Korea?

1. Sumpit Jepang

Jepang memiliki banyak ragam sumpit yang disesuaikan dengan penggunaannya. Sumpit yang digunakan untuk memasak, makan, mengambil permen, dan sumpit untuk upacara pemakaman semuanya berbeda. Kayu dan plastik adalah bahan utama pembuatan sumpit di Jepang. Namun, sudah ada pula yang terbuat dari tulang, logam, bahkan gading (ini biasanya digunakan untuk acara khusus).

Sumpit Jepang
sumpit jepang


Sumpit Jepang umumnya lebih pendek dari sumpit Cina namun lebih panjang dari sumpit Korea dan ujungnya bulat. Selain itu, sumpit Jepang memiliki banyak macam warna dan memiliki rancangan yang rumit.

2. Sumpit Cina

Orang Cina adalah yang pertama kali menggunakan sumpit lebih dari 5000 tahun lalu. Dikatakan bahwa sumpit diasumsikan sebagai jari tambahan yang tidak khawatir akan panas dan dingin.

Sumpit Cina
sumpit china

Sumpit Cina umumnya terbuat dari kayu dan memiliki bentuk persegi panjang dengan ujung yang tumpul. Sumpit Cina lebih tebal dan panjang dibandingkan dengan sumpit Jepang dan Cina, karena meja yang digunakan saat makan umumnya lebih besar sehingga butuh sumpit yang panjang untuk dapat menjangkau makanan.

3. Sumpit Korea

Sumpit Korea seringnya terbuat dari baja stainless, tidak seperti Cina dan Jepang yang lebih menggunakan bahan alami. Karena sifat logam yang licin, sumpit Korea dibuat kasar pada bagian ujungnya. Perbedaan yang paling nyata adalah bahwa sumpit Korea lebih pendek dari sumpit Cina dan Jepang.

Sumpit Korea
sumpit korea

Awalnya, sumpit yang terbuat dari perak murni hanya digunakan oleh raja karena sifat perak yang akan berubah warna jika makanan mengandung racun. Alasan lain mengapa Korea menggunakan logam sebagai bahan baku sumpit adalah karena mereka juga menggunakan sendok untuk makan nasi, sehingga mereka dapat menggunakan sumpit untuk mengambil makanan lain yang sulit diambil dengan sendok.

sumber : Google.com
sumber : Wikipedia
Advertisemen

Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini.
Disqus Comments