Cosplay Anime Jepang Ala Hijabers

13.38
Cosplay merupakan singkatan dari dua kata, yaitu Costume dan Play. Costume artinya kostum, dan Play yang artinya bermain. Gabungan kedua kata tadi yaitu Cosplay dapat diartikan sebagai hobi dari seorang yang bermain peran karakter fiksi. Cosplay yang umumnya sering tampil dimuka umum biasanya mengambil tema dari seri kartun/anime, komik/manga atau game dari negara jepang.

Cosplay di jepang di sebut dengan pengucapan Kosupure dan orang yang sering Cosplay menyebut dirinya "Otaku". Dimana Otaku adalah sebutan untuk orang yang sangat mencintai icon-icon yang berasal dari Jepang, contohnya anime, manga, dan game.Biasanya, Otaku yang melakukan permainan kostum (baca: Cosplay) menirukan atau memainkan kostum dari char (Character/Tokoh) favoritnya, baik dari anime atau pun game yang pernah mereka mainkan.

Cosplay ala Hijabers
Adapun istilah cosplay diciptakan oleh Nov Takahashi pada tahun 1984 ketika menghadiri sebuah konvensi Sci-fi di Los Angeles. Takahasi terinspirasi dari costume masquerade dan menulisnya dalam majalah Sci-fi Jepang yang kemudian menyebar dengan cepat di Jepang sebagai sebuah pertunjukan seni yang baru. Tidak sedikit orang yang beranggapan bahwa cosplay berasal dari Jepang, namun pada kenyataannya hal tersebut tidak sepenuhnya benar. Forrest J. Ackerman menginspirasi fan-costuming di seluruh dunia ketika pertama kali mengenakan kostum futuristik yang dibuat oleh Myrtle R. Douglas pada konvensi dunia pertama dalam bidang Science Fiction pada tahun 1939 di Caravan Hall, New York.

Sejak saat itu istilah cosplay telah menyebar ke negara-negara di seluruh dunia seperti Filipina, Cina, Italia, Perancis, Meksiko, Brazil, Rusia, Kanada, dan negara-negara lainnya termasuk di Indonesia. Meskipun banyak negara yang berhasil menghasilkan kreasi-kreasi yang hebat dalam kostum namun Jepang merupakan negara eksportir terbesar dalam hal cosplay yang berkualitas.
Jepang berhasil membawa cosplay ke tingkat yang baru di mana Jepang berhasil mengubahnya ke dalam bentuk seni yang menginspirasi para cosplayer di seluruh dunia.

Cosplay ala HijabersSemuanya bisa di cosplay. ada yang mirip dan yang ngga mirip yang biasanya di sebut OOC (Out Of Character),yah masih ada lah kemiripan dengan originalnya.

salah satu versi Out Of Character ini adalah versi Hijabers.
Tidak bisa dipastikan dengan jelas kapan tren cosplay hijab ini muncul pertama kali. Satu hal yang pasti, seperti namanya, tren ini merupakan tren baru di kalangan cosplayer, terutama bagi mereka yang menggunakan hijab.

Prinsipnya, pada cosplay hijab ini, sang cosplayer berusaha meng-cosplay kan suatu karakter namun dengan kaidah-kaidah berhijab, yakni menutupi sebagian daerah tubuh (aurat).

Menutup disini dapat dilakukan dengan berbagai cara. Untuk bagian rambut, jika cosplayer biasa mengenakan wig, para cosplayer hijab akan mengenakan jilbab dengan warna yang sesuai seperti rambut sang karakter yang akan di cosplay kan.

Kostum pun demikian, jika memilih karakter yang kostum nya banyak menunjukkan bagian-bagian tubuh tertentu, maka kostum yang dikenakan oleh para cosplayer hijab akan disesuaikan sehingga terlihat tertutup.

Namun konsep menutup ini hanya akan dilakukan jika karakter yang di cosplay-kan memang sedikit terbuka. Lain hal jika sang cosplayer memilih karakter yang memang sudah menampilkan sosok dan kostum yang tertutup.

Baca Juga 

Kumpulan Situs Download Anime Subititel Indonesia 
Alasan Banyak Novel Manga Jepang Sulit Masuk Indonesia 
Identifikasi Sifat Seseorang Lewat Genre Anime 
Teknik Dasar Menggambar Manga/Anime 
5 Anime Jepang Yang Mengambil latar Masa Depan 
Proses Pembuatan Anime Dan Biayanya 
Daftar Anime Jepang yang Dicekal di Indonesia

Munculnya reaksi

Cosplay ala HijabersSeiring populernya tren cosplay hijab, ada beragam reaksi yang muncul. Reaksi muncul dari berbagai pihak. Ada sebagian pengguna media sosial yang menyatakan tidak menyukai ber-cosplay menggunakan hijab.
Ada banyak hal yang dilontarkan dari mereka yang mengakui tidak menyukai cosplay hijab. Mulai dari anggapan ketidak mampuan membeli properti cosplay (wig). Ada juga yang menyatakan bahwa cosplay menggunakan hijab adalah salah satu tindakan OOC (Out Of Character).

Isu OOC sendiri seperti sebuah peraturan tidak tertulis yang ada dalam dunia cosplay. Hal ini mengacu pada definisi cosplay menurut Jiwon Ahn yang menyatakan bahwa :

” Cosplay atau kosupure merupakan semacam kegiatan para penggemar anime dan manga yang dilakukan oleh individu atau kelompok dengan mengenakan kostum dan berdandan meniru karakter tertentu dari anime atau manga (atau game komputer, literatur, idol group, film populer, atau ikon) dengan tujuan untuk tampil di depan publik dan melakukan pemotretan ”

Cosplay ala HijabersMeniru karakter disini tidak sebatas hanya mengenakan kostum dan make-up semata, namun juga meliputi gerak-gerik, tingkah laku, dan gaya berbicara dari karakter yang sedang di cosplay-kan.
Cosplay Hijab dianggap merupakan salah satu tindakan OOC karena tidak menggunakan kostum dan properti yang semestinya digunakan oleh sang karakter yang di cosplay-kan. Selain karena tidak menggunakan properti yang lengkap, cosplay hijab juga dikatakan OOC karena dianggap tidak ada totalitas di dalamnya.

Tuduhan OOC ini biasanya dilontarkan oleh mereka yang memang sangat menggemari karakter tertentu dan kebetulan karakter tersebut di cosplay-kan dengan gaya hijab, maupun oleh mereka yang sudah berpengalaman dalam dunia cosplay.

Dari berbagai tuduhan OOC yang dilontarkan tersebut, ada juga beberapa pihak yang mengakui bahwa apa yang mereka lakukan tidak merusak karakter. Mereka berdalih bahwa karakter yang mereka tiru adalah karakter yang ada dalam fanart karakter berhijab sehingga tidak dianggap merusak.

Selain tuduhan dianggap OOC, banyak pula reaksi yang menyatakan bahwa, daripada merusak karakter tertentu, lebih baik mencari karakter lain. Banyak yang menganggap bahwa jika memang ingin cosplay secara tertutup, ada baiknya meng-cosplay-kan karakter ber-armor tebal seperti seri tokusatsu Power Rangers, Kamen Rider, bahkan mecha seperti Gundam.

Namun dari berbagai macam reaksi dan komentar yang muncul, ada satu komentar yang menarik mengenai masalah cosplay hijab tersebut.

Cosplay ala Hijaberskalo ane terjemahin jadi seperti ini ,ada cosplay yang seksi , lalu penonton terlepar kebelakang dengan hidung berdarah , lalu kita mendengar suara tertawa lucu .bandingkan dengan cosplay hijab , apa Salah dan Dosa Cosplay Hijab ?jika dibahas bisa baca di mari mengenal-cosplay-hijab/jadi semua Kembali pada Selera, ada yang suka cosplay dengan nampilin aurat dan ada yang ngga , nerimo saja.

Cosplay merupakan kegiatan yang tidak dapat dipisahkan dari maraknya acara-acara kebudayaan populer jejepangan. Munculnya tren cosplay hijab menjadi salah satu alternatif bagi mereka yang ingin menekuni hobi cosplay namun tidak ingin menunjukkan aurat nya.

Masalah suka atau tidak suka dapat kembali pada selera masing-masing pihak. Ada mereka yang suka dan menekuni cosplay hijab, karena memang selera mereka seperti itu, dan ada pula yang tidak suka dengan berbagai alasannya, karena memang selera mereka tidak pada gaya seperti itu.

Untuk penggunaan hijab sebagai pengganti wig juga pada dasarnya bentuk dari selera dan pilihan yang dibuat oleh sang cosplayer tersebut. Jika memang karakter nya cukup terbuka, dan ia ingin terlihat tertutup, menggunakan hijab adalah solusi bagi dirinya. Dan jika karakter yang ingin di cosplay kan cukup tertutup, suatu pilihan bagi sang cosplayer apakah akan melakukan cosplay dengan hijab atau gaya biasa.

Berikut ini ada tips buat kamu para hijabers agar bisa bercosplay ria tanpa membuka hijab :
1. Cari tokoh yang kostumnya memakai baju panjang. Tokoh yang mengenakan pakaian panjang serta tertutup akan mempermudah kamu bercosplay sehingga kamu hanya perlu mencari jilbab apa yang cocok dengan tokoh cosplay yang akan kamu perankan.

2. Pakai jilbab yang warnanya sesuai dengan warna rambut tokoh yang kamu perankan. Ini bisa menjadi pengganti wig bila kamu tidak ingin menggunakan wig.

3. Kalau tokoh yang ingin kamu perankan tidak mengenakan pakain panjang, ini saatnya kamu berkreasi! Pelajari dengan seksama bagaimana kostum yang dikenakan tokoh tersebut. Cobalah berpikir untuk menambahkan manset/penutup lengan pada kostum tersebut. Gambarlah bagaimana bentuk kostum yang nantinya akan kamu buat. Bayangkanlah jika tokoh anime tersebut ada versi hijabnya! Ini akan mempermudah kamu dalam mendesain kostum.

4. Usahakan cari kostum yang sesederhana mungkin. Bila kamu orangnya gak mau ribet, cari kostum yang desainnya sesederhana mungkin yang kira-kira bajunya bisa kamu dapatkan tanpa harus ke toko khusus pakaian cosplay. Lalu kamu hanya tinggal memodifikasi saja agar sesuai dengan tokoh yang kamu perankan.

5. Bila kamu bingung dengan tokoh apa yang ingin kamu perankan&kamu nggak mau ribet, cobalah dengan memerankan tokoh maid, school uniform girl, mengenakan kimono, atau kalo kamu mau yang lebih menantang, cosplay ninja! Tokoh-tokoh tersebut tidak harus ada dalam anime khusus namun apa salahnya bila kamu mengenakan kostum-kostum tsb. Kamu hanya tinggal menambahkan jilbab saja pada tokoh maid, school uniform girl atau hanya sekedar mengenakan kimono/yukata. Untuk tokoh ninja, carilah yang kostumnya tertutup semua sehingga kamu tidak perlu pusing untuk menambahkan jilbab lagi pada kostummu.

6. Rajin-rajin searching di google mengenai gaya-gaya hijab modern dan kostum-kostum anime. Lalu berpikirlah untuk memadukan keduanya sehingga kamu bisa menciptakan kostum rancanganmu sendiri. Seperti pada contoh gambar diatas, jilbab bisa dikreasikan dengan kostum Hatsune Miku dan Vivi FF IX. Gambar diatas bisa menjadi inspirasi kamu untuk menjadi Hijab Cosplayer!!

7. Dan yang paling terpenting diantara yang penting, jangan berpakaian ketat! Biarpun menjadi cosplayer, image seorang hijabers sejati juga jangan ditinggalkan. Tetaplah berjilbab sesuai dengan syariat agama dan pintar-pintarlah dalam memilih hijab style yang haram dan yang syar'i. Jangan merusak image seorang hijabers dengan cosplay yang mengenakan baju ketat walaupun berjilbab. Pintar-pintarlah berkreasi dalam memodifikasi kostum agar menjadi seorang cosplayer sejati tanpa buka aurat. :-)

Dari berbagai sumber

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Topik

AKB48 (2) Akihabara (1) Aktor (5) Aktris (5) Android (19) Aneh (39) Anime (84) Artis (25) Berita (1) Biaya Hidup (1) Biografi (1) Boneka (8) Budaya (113) Buku (1) Cantik (6) Cerita (2) Cerita Rakyat (1) Cilik (1) Cosplay (10) CrossDress (1) Dewa (1) Dewasa (69) Dinosaurus (1) Download (4) Ecchi (4) Film (35) Foto (1) Game (3) Gamers (1) Games (23) Get Rich (2) Harga (2) Hentai (13) Horor (3) Hot (1) Impor (1) Imut (3) Indonesia (9) Info (100) Internet (1) istilah (4) J-Pop (6) JAV (47) Jepang (288) Jurassic Park (1) Kisah (31) Komedian (1) Komik (3) Kompetisi (2) Konser (1) Kontroversi (3) Korea (1) Kota (2) Lagu (9) Larangan (3) Lawas (1) Lucu (6) Makanan (1) Manga (8) Mangaka (1) Manhua (1) Manhwa (2) Mitologi (3) Model (1) Musik (15) Onsen (1) Ost (6) Otaku (6) Pelacur (1) Penghargaan (1) Penyanyi (1) Pokemon Go (3) Populer (4) Problematika (26) Proses (1) PSK (1) Publik (1) Rahasia (1) Rangking (2) Referensi (13) Restaurant (1) Robot (2) Rokok (3) Sains (6) Sedih (2) Seiyuu (1) Sekolah (1) Seks (1) Seni (6) Sex (1) Sinetron (1) Siswi (3) Sosial (12) Soul Seeker (2) Soundtrack (1) Summoner War (5) Suster (1) Teknologi (13) Terkenal (1) Tokoh (2) Top (1) Tradisi (52) Traveling (1) Trend (4) Tutorial (3) Unik (97) Video (6) Wanita (14) WCS 2016 (1) Webtoon (1) Wisata (3) Youtube (1) Yuri (1)